Gudang Ilmu

Kumpulan Blog Belajar

Pengaruh televisi

pengaruh televisiTelevisi yang merupakan salah satu alat komunikasi, yang dirancang khusus untuk memberikan infomasi baik itu informasi baik mapun kurang baik, informasi yang disampaikan juga tidak pernah pandang bulu apakah penerima informasi tersebut sudah pantas menerimanya atau belum yang tentunya itu semua akan memberikan efek yang negatif. pengaruh tersebut sangat kelihatan terutama pada kanak-kanak. pengaruh televisi dapat mempengaruhi perkembangan anak-anak terutama anak-anak yang masih sekolah tingkat dasar dan menengah, Anak-anak usia tersebut yang umumnya suka meniru apa-apa yang didengar dan dilihatnya, keinginan untuk mencontoh yang sangat tinggi inilah yang menyebabkan televisi mampu memberikan kesan yang kurang baik bagi pertumbuhan pikiran anak-anakkarena mereka mampu untuk memfilter apakah yang ditirunya itu baik atau pun tidak.
Sikap suka meniru pada anak ini tentunya akan membawa kesan mendalam bagi perkembangan jiwa dan mental pada diri anak-anak dan sangat susah untuk dicontrol, hingga terbawa mereka dewasa, dapat menimbulkan masalah-masalah pada kesehatan mental. Film-film yang banyak ditampilkan ditelevisi kebanyakan berunsur suap menyuap, kekerasan, kejahatan, pembunuhan, pemerkosaan, seks bebas, hidup serba mewah, dan lain sebagainya. Film-film yang ditontonnya tampa disadari telah mendidik mental anak-anak, untuk bersifat egois, membalas dendam terhadap kesalahan, melakukan seks bebas dan berbagai jenis tindakan-tindakan buruk yang dihasilkan tontonan ditelevisi. Bahkan yang lebih menyedihkan didikan yang telah diberikan disekolah atau orang tua dirumah, akan dikalahkan oleh pengaruh film-film yang dirancang untuk mereka.
Berikut ini ada beberapa pengaruh televisi terhadap anak-anak, diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Dapat merusak akhlak anak-anak karena mereka telah menonton acara-acara yang tidak sesuai untuknya, kebanyak anak-anak menyukai adegan-adegan yang action dan yang bersifat sekx.
  2. Televisi dapat mengurangi konsentrasi serta minat belajar pada anak-anak, mereka lebih untuk mudah hafal terhadap siaran-siaran televisi ketimbang pelajaran-pelajaran yang telah dibebankan kepadanya, Walaupun mereka dipaksa untuk belajar, namun fikiran dan jiwa mereka tidak lagi pada pelajaran.
  3. Televisi mampu merenggangkan hubungan batin orang tua dan anak, hubungan mereka akan menjadi tidak harmonis karena kehadiran orang ketiga, yaitu televisi terutama bagi ibu/bapak yang sibuk bekerja diluar sehingga waktu mereka untuk bersama anak-anak berkurang, sehingga anak-anak biasa mendapat pendidikan dari yang televisi
  4. Kesehatan mata akan mudah terganggu, ini karena anak-anak akan menonton televisi dengan jarak yang sangat dekat, karena keasyikan terhadap film-film yang ada ditelevisi, ini tentunya sangat kurang bagus bagi kesehatan mata anak-anak yang masih rentang dan mudah terkena radiasi dari sinar yang ditimbulkan oleh televisi.
Banyaknya pengaruh televisi bagi anak-anak diharapkan kita (sebagai orang tua) mampu untuk memfilter tentang apa-apa yang akan ditonton anak-anak kita supaya mereka menonton siaran televisi yang sesuai dengan umurnya.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan dengan judul Pengaruh televisi. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://gudangilmu.serba-serbi.net/2012/08/pengaruh-televisi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: serba serbi -

Belum ada komentar untuk "Pengaruh televisi"